Rabu, 25 Januari 2017

Contoh Menulis Surat Pengunduran Diri


Contoh surat penngunduran diri - Surat pengunduran diri adalah surat yang dibuat oleh kariyawan dalam suatu perusahaan sebagai tanda bahwa pengundurkan diri dari tempatnya bekerja. Surat pengunduran diri atau surat resign yang biasa dibuat dengan alasan tertentu sesuai dengan kepentingan dari si pembuat surat.


Ada surat pengunduran diri yang dibuat karena sudah tidak betah bekerja di tempat kerja yang sekarang, karena sakit atau pindah tempat tinggal dan alasan lainnya. Surat pengunduran diri juga dibuat agar tidak menimbulkan nama buruk pada perusahaan tempat kariyawan yang mengundurkan diri keluar. Surat pengunduran diri yang baik menggunakan penulisan dan tata bahasa yang sopan dan formal sama seperti pada surat resmi.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat atau menulis surat pengunduran diri adalah dengan memperhatikan alasan keluar dari sebuah pekerjaan. Sehingga jika nantinya saat diterima oleh sebuah perusahaan baru nantinya, tidak ada blacklist nama dari perusahaan sebelumnya.

Contoh-contoh surat pengunduran diri

Berikut ini adalah contoh-contoh surat pengunduran diri seperti yakni:

Baca juga:

 

Contoh surat pengunduran diri 1

SURAT PENGUNDURAN DIRI
___________, ___________20__
Kepada, Yth, Kepala. HRD PT.______________
di tempat
Dengan hormat,
Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. ________ berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang - Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : _____________
Departemen : _____________
Jabatan     : _____________
No Karyawan  : _____________
Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. _________ karena sakit yang saya derita. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak - hak sesuai ketentuan yang berlaku.
Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,
XXXXXX

 

Contoh surat pengunduran diri 2

Jakarta, 14 Januari 2015
Kepada, Yth
HRD Manager
PT. Bunia Guna
Jl. Awan tinggi, No. 15 Jakarta

Dengan hormat,
Melalui surat ini saya Budi Rahman bermaksud mengundurkan diri dari PT. Bunia Guna sebagai Marketing Manager, terhitung sejak tanggal 14 Januari 2015.
Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Bunia Guna apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama bekerja.
Saya berharap PT. Bunia Guna dapat terus berkembang dan mendapatkan yang terbaik.
Hormat saya,
Budi Rahman

 

Contoh surat pengunduran diri 3

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Jiwa Sukses

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Dermawan bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Jiwa Sukses sebagai Karyawan, terhitung sejak tanggal 22 Mei 2013.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Jiwa Sukses. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Jiwa Sukses apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap PT. Jiwa Sukses dapat terus berkembang dan mendapatkan yang terbaik.

Malang, 22 Mei 2013

Hormat Saya,


Dermawan

 

Contoh surat pengunduran diri 4

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Malang, 22 Mei 2013

Kepada YTH,
PT. Jiwa Sukses di Jl. Surawi Jaya No. 123, Malang

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan PT. Jiwa Sukses atas :
Nama           : Dermawan
Pendidikan : SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)
No peg        : 01234567
Alamat        : Jl. Mananjak V No 234 Malang

Dengan ini saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk belajar dan bekerja di PT. Jiwa Sukses, sebagai suatu perusahaan besar selama penempatan di unit Supervisor Kredit.

Tidak lupa saya mohon maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manajemen PT. Jiwa Sukses, apabila selama ini terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja perusahaan ini.

Saya berharap dan berdo’a agar PT. Jiwa Sukses menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses.

Hormat saya,

Dermawan

Itulah berbagai contoh surat pengunduran diri dari beberapa referensi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

0 komentar

Posting Komentar